Pemprov Kaltara Jadwalkan Peringatan Proklamasi Digelar Di Atas Kapal Perang

KaltaraPostNews – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berencana menggelar peringatan detik-detik Proklamasi menggunakan Kapal (Perang) Republik Indonesia (KRI) milik TNI AL.

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH, M.Hum menjadwalkan peringatan dilaksanakan di Karang Unarang (perbatasan perairan), Kabupaten Nunukan.

Rencananya, peringatan tersebut akan dilaksanakan menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) milik Angkatan Laut, yang saat ini beroperasi menjaga batas perairan negara.

“Konsepnya, upacara dilaksanakan di atas KRI mengelilingi Karang Unarang, upacara yang biasa dilaksanakan di darat diubah di tengah laut,” ungkap Gubernur, mengutip Newstara, Jumat (30/7).

Selain Gubernur, Upacara Peringatan HUT RI ke 76 itu akan dihadiri seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kaltara dan perwakilan nelayan dari Mamolo.

Gubernur mengungkapkan, berdasarkan laporan Koordinator Pelaksana HUT RI ke 76, Kolonel laut (P) Sri Rakhmadi, persiapan peringatan detik-detik proklamasi di Karang Unarang, sudah mencapai 70 hingga 80 persen. Dalam pelaksanaannya nanti, akan melibatkan 5 KRI yang beroperasi di Laut Karang Unarang.

Selain KRI ada juga kapal lainnya milik instansi lain baik dari Danlantamal XIII Tarakan, Polda Kaltara, Bea dan Cukai, KSOP, Basarnas dan lainnya termaksud kapal milik nelayan sekitar,” jelasnya.

Kolonel Laut (P) Sri Rakhmadi menuturkan, selain menjadi bagian dari Kaltara, alasan dipilihnya Karang Unarang sebagai tempat upacara peringatan detik-detik proklamasi merupakan batas negara antara Indonesia dan Malaysia.

Nantinya, keberangkatan para peserta upacara HUT RI ini akan dilakukan dari Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan dengan menyiapkan KRI untuk membawa tamu VVIP. Hanya saja, belum diketahui pasti apakah diarahkan ke Nunukan atau di Pulau Sebatik.

“Tapi nanti tergantung Gubernur lagi, kalau dari pembahasan bersama tadi, arah dari pembicaraan Gubernur diminta ke Sebatik semua baru ke Karang Unarang. Yang jelas kita melihat dari kegiatan Gubernur lagi,” tegasnya.@ [AT]

Leave A Reply

Your email address will not be published.