Kematian Pasien Covid-19 Mencapai Klimaks, Ini Penyebabnya

Kebanyakan pasien yang meninggal itu dilaporkan menderita komorbid

SurabayaPostNews (SPN) – Dalam seminggu terakhir angka kematian pasien Covid-19 mencapai klimaksnya. Bahkan terhitung lebih dari 1.000 orang setiap harinya.

Pernyataan itu diungkap Juru bicara pemerintah dalam penanganan Covid-19, Profesor Wiku Adisasmito. Ia menyatakan duka yang mendalam atas laporan ini.

Dari hasil penelitian tim di lapangan, angka kematian meningkat karena beberapa faktor, diantaranya kapasitas RS yang sudah penuh, pasien yang ketika datang saturasinya sudah buruk, serta meninggal karena tidak terpantau ketika melakukan isolasi mandiri di rumah.

Kebanyakan pasien yang meninggal itu dilaporkan menderita komorbid.

“Terlebih sudah enam hari berturut-turut angka kematian di negeri ini mencapai angka lebih dari 1.000 setiap harinya. Ini tidak bisa ditoleransi lagi, karena ini bukan sekadar angka, di dalamnya ada keluarga, kerabat, kolega dan orang-orang tercinta yang pergi meninggalkan kita,”ungkap Wiku melalui keterangan resminya.

Tak hanya itu, Profesor Wiku membeberkan bahwa zonasi risiko tingkat kabupaten/kota pun menunjukkan perkembangan ke arah yang kurang baik.

Sejak 2 Maret 2020, terdapat kabupaten/kota dengan resiko tinggi, dari180 kabupaten/kota, sambungnya, didominasi wilayah Provinsi Jatim, yakni sebanyak 33 kabupaten/kota.

Lalu Provinsi Jateng dengan 29 kabupaten/kota, dan Provinsi Jabar sebanyak 21 kabupaten/kota.

Hingga satu hari jelang berakhirnya pemberlakukan PPKM level 4, yakni pada Sabtu, 24 Juni 2021, dampak kondisi kesehatan masyarakat akibat pandemi Covid-19 belum jauh berubah. Berdasarkan catatan Satgas Covid-19, ada sebanyak 574.135 kasus aktif.

Angka itu merupakan hasil penambahan sebanyak 4.234 kasus dari Jumat (23/7/2021).

Sementara itu, jumlah pasien Covid-19 yang berhasil mencapai kesembuhan bertambah sebanyak 39.767 orang per hari. Sehingga total ada 2.471.678 pasien yang dinyatakan sembuh.

Dalam kurun waktu yang sama, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia bertambah 1.415 orang, sehingga totalnya menjadi 82.013 orang.@ [rd/Igd]

Leave A Reply

Your email address will not be published.