Penuhi Gizi Isoman & Nakes, Kemensos Distribusikan Makanan Siap Saji

SurabayaPostNews – Sejak diumumkannya perpanjangan Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga tanggal 2 Agustus 2021 oleh Pemerintah, Minggu lalu (25/7). Kementerian Sosial (Kemensos) secara aktif terus melakukan penyaluran bantuan sosial dalam bentuk telur rebus dan makanan siap saji sebagai penambah gizi bagi tenaga kesehatan, (Nakes) relawan maupun masyarakat yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) dibeberapa wilayah Jawa dan Bali.

Seperti halnya, Posko Dapur Umum Manahan Kota Surakarta sebanyak sepuluh orang anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang berasal dari Kabupaten Sragen mendapatkan jadwal untuk mengelola dapur umum selama empat hari kedepan untuk menyiapkan dan mendistibusikan telur rebus sebagai dukungan penambahan gizi bagi Tenaga Kesehatan, Relawan yang bertugas manangani Covid-19 serta masyarakat yang melakukan Isolasi Mandiri di Kota Surakarta.

Salah satu anggota Tagana Sragen, Lukito mengatakan, tugas kali ini merupakan jadwal kedua untuk untuk mengola dan mendistribusikan telur dalam pemenuhan kebutuhan protein bagi Tenaga Kesehatan, Relawan serta warga isoman yang tidak mampu di Kota Surakarta.

“Pendistribusian telur rebus tersebut bertujuan untuk memberikan pemenuhan kebutuhan protein bagi tenaga kesehatan, tenaga relawan serta membantu warga Isoman yang dinilai sangat penting untuk meningkatkan imunitas melawan serangan virus,” ujarnya

Lukito juga menambahkan bahwa setiap hari pihaknya menyiapkan sebanyak 4.936 butir telur rebus bagi tenaga kesehatan, tenaga relawan maupun warga yang sedang isoman.

Ditempat yang sama, Kresno Aji selaku analis bencana pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kementerian Sosial menjelaskan, Kementerian Sosial berusaha secara maksimal untuk memberikan bantuan sosial berupa pemenuhan kebutuhan gizi bagi Tenaga Kesehatan, Tenaga Relawan, dan juga Tenaga Pemulasaraan.

“Pemenuhan gizi juga diberikan kepada masyarakat yang menjalani isoman agar dapat segera pulih,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Sosial sampa saat ini telah membuka Posko Dapur Umum untuk pemenuhan gizi dibeberapa lokasi, diantaranya Kota Surabaya, Kota Bandung, Kota Surakarta, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sleman, Kabupaten Tabanan, dan Kabupaten Kupang.@ (krs)

Leave A Reply

Your email address will not be published.