Agatha Retnosari: Pentingnya Edukasi & Mitigasi Covid-19 Pada Anak

Sejauh pengamatannya, sekolah daring belum ada yang menerapkan latihan mitigasi bencana Covid-19, termasuk latihan proning atau pun latihan pernapasan.

SurabayaPostNews – Anggota DPRD Jatim, Agatha Retnosari menyatakan pentingnya melakukan edukasi dan juga mitigasi Covid-19 kepada anak-anak.

Sejauh pengamatannya, sekolah daring belum ada yang menerapkan latihan mitigasi bencana Covid-19, termasuk latihan proning atau pun latihan pernapasan.

Selain itu, olahraga perlu dilatihkan bahkan diujikan selama pembelajaran untuk memperkuat kesehatan paru-paru, fisik serta mental anak.

“Menurut saya hal ini sangat penting, lebih baik kita melatih anak-anak kita agar mindset mereka, mental mereka lebih kuat dalam menghadapi pendemi covid karena sudah memiliki Habitus baru (kebiasaan baru) yang adaptif di masa post covid,”katanya.

Djelaskan Agatha, melakukan edukai kepada anak lebih mudah daripada ke orang tua.

“Karena lebih mudah melakukan edukasi pada anak daripada pada orang tua. Kita putus mata rantai penularan ini dengan memotong satu generasi,” paparnya.

Kesulitan mengedukasi orang usia dewasa, tambah dia, nampak jelas pada banyak peristiwa seperti merebut jenazah konfirmasi Covid-19, menolak divaksin, demo dimasa pendemi dan sebagainya

“Karenanya, menjadi penting untuk mengedukasi anak-anak kita agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat tidak hanya jasmani tapi juga mental dan jiwa,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya mendesak semua stake holder terkait terutama menteri pendidikan untuk segera melakukan edukasi terkait preventif Covid-19 pada anak-anak.

“Dan menanamkannya sebagai Habitus Baru agar dimasa yang akan datang sungguh tercipta New Normal yang sesusungguhnya sebagai bagian upaya beradaptasi terhadap kondisi yang ada,”paparnya.

Karena, sambungnya lagi, tanpa ada kebijakan yang koheren dan terintegrasi dengan baik mulai dari tingkat pusat sampai daerah dan pelosok negeri, selamanya akan terjebak pada usaha-usaha kuratif yang banyak menghabiskan biaya juga korban jiwa.

Dalam kesempatan yang sama, Agatha juga menyampaikan selamat hari anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli.

“Selamat Hari Anak Nasional, dan mari bersama kita potong rantai penularan Covid dengan edukasi dan latihan bagi anak-anak agar tumbuh sehat jasmani, mental dan jiwanya,”tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.